SMA Dengan Indeks Integritas UN Tertinggi

7 Daerah dengan Indeks Integritas UN SMA Tertinggi

7 Daerah dengan Indeks Integritas UN SMA Tertinggi., img
SMA Dengan Indeks Integritas UN Tertinggi. Selain mengumumkan capaian nilai Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan juga mengumumkan indeks integritas untuk setiap sekolah di seluruh provinsi di Indonesia. Dari data yang masuk, terdapat tujuh provinsi di Indonesia yang memiliki indeks integritas tertinggi. Dikutip dari tempo, Mendikbud menyatakan bahwa diurutan pertama dengan indeks integritas tertinggi adalah Yogyakarta disusul Bangka Belitung  dengan kecurangan kurang dari 10 persen. Berikut Kutipan Berita sajikan informasi terkini terkait 7 Daerah dengan Indeks Integritas UN SMA Tertinggi.


7 Daerah dengan Indeks Integritas UN SMA Tertinggi


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan merilis indeks integritas untuk Ujian Nasional tingkat SMA dan sederajat tahun 2015. "Ada tujuh daerah terbaik yang memiliki indeks integitas tinggi. Artinya nilai kecurangan di tujuh daerah itu di bawah 20 persen," kata Anies di Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jumat 15 Mei 2015.

Anies sudah memaparkan indeks integritas itu. Namun Anies hanya merilis tujuh daerah dengan nilai indeks integritas tertinggi. Ketujuh daerah itu adalah urutan pertama Daerah Istimewa Yogyakarta, lalu Bangka Belitung, diikuti oleh Kalimantan Utara, kemudian Bengkulu, Kepulauan Riau, Gorontalo, dan urutan ketujuh adalah Nusa Tenggara Timur.

Kecurangan di daerah Yogyakarta dan Bangka Belitung hanya ada kurang dari 10 persen saja. Sedangkan tingkat kecurangan di Kalimantan Utara, Bengkulu, Kepulauan Riau, Gorontalo, dan Nusa Tenggara Timur ada di kolom antara 10-20 persen. Sementara 27 provinsi lainnya memiliki indeks integritas di atas 20 persen hingga maksimal di atas 80 persen.

Persentase kecurangan terendah ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Di daerah itu, hanya ada satu sekolah yang terindikasi melakukan kecurangan dalam ujian nasional itu. Tahun lalu Yogyakarta juga daerah yang memiliki indeks integritas tertinggi.

Anies akan mengirimkan data itu kepada Gubernur, Bupati atau Wali Kota, serta kepala sekolah. Data ini pun sudah diberikan kepada universitas sebagai pertimbangan masuk atau tidaknya peserta ujian masuk perguruan tinggi negeri yang sudah diumumkan beberapa hari lalu.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Nizam menjelaskan ada beberapa cara yang dilihat untuk menentukan indeks integritas itu. "Pertama, dilihat dari keseragaman pola jawaban dan keseragaman nilai dalam satu sekolah," kata Nizam.

Kedua melihat indikasi kecurangan yang dilakukan antar siswa. "Lalu kami klasifikasi sekolah yang ada indikasi kecurangannya dan yang tidak," kata Nizam.

Demikian informasi terbaru terkait  7 Daerah dengan Indeks Integritas UN SMA Tertinggi, semoga bermanfaat.

Keyword :  7 Daerah dengan Indeks Integritas UN SMA Tertinggi

No comments for "SMA Dengan Indeks Integritas UN Tertinggi"