Informasi & Pengumuman Terbaru Pendaftaran CPNS 2014

panselnas.menpan.go.id: 

Ini Informasi & Pengumuman Terbaru Panselnas Tentang Pendaftaran CPNS 2014

Informasi & Pengumuman Terbaru Panselnas Tentang Pendaftaran CPNS 2014, Informasi & Pengumuman Terbaru Pendaftaran CPNS 2014, img
Informasi & Pengumuman Terbaru Panselnas Tentang Pendaftaran CPNS 2014. Selamat bertemu dengan Kutipan Berita, sebuah blog sederhana yang menyajikan informasi terkini. Pada kesempatan ini kami kami hadirkan update "Informasi & Pengumuman Terbaru Panselnas Tentang Pendaftaran CPNS 2014". Bagi anda yang berminat mengikuti seleksi CPNS 2014 tentunya tidak ingin ketinggalan informasi. Mempersiapkan diri dengan baik agar bisa lolos menjadi pegawai negeri menjadi harapan anda semua. Berikut Informasi & Pengumuman Terbaru Panselnas Tentang Pendaftaran CPNS 2014.




Informasi & Pengumuman Terbaru Panselnas Tentang Pendaftaran CPNS 2014


Situs resmi Panitia Seleksi Nasional yang beralamat di www.panselnas.menpan.go.id mengumumkan bahwa pendaftaran CPNS 2014 sampai hari ini, Jumat (15/8/2014) belum dibuka. Dalam pengumuman, Panselnas menegaskan belum ada pembukaan pendaftaran.

Selain itu Panselnas dan juta Badan Kepegawaian Negara (BKN) memajang himbauan kepada calon peserta seleksi CPNS 2014 untuk terus memantau pengumuman dan informasi terbaru CPNS 2014 di dua situs resmi yang beralamta di http://panselnas.menpan.go.id/ dan juga http://sscn.bkn.go.id/. Hal ini diimbau agar para calon peserta CPNS 2014 tidak tertipu karena banyaknya situs-situs pengumuman CPNS yang tak jelas sumbernya.

Jika membuka Situs remsi Panselnas hari ini, Jumat (15/8/2014) masih terpampang pengumuman bahwa pendaftaran CPNS 2014 belum resmi dibuka. Laman itu juga menyertakan keterangan bahwa laman masih dalam tahap demo atau uji coba.

Laman juga memuat hal-hal penting yang perlu diperhatikan peserta diantaranya mengenai ujian dengan sistem computer assisted test hingga soal alur pendaftaran.

Serupa dengan situs Panselnas, situs BKN juga mengumumkan dalam tahap uji coba. “Website ini masih dalam ujicoba, belum resmi dibuka untuk umum,” demikian tertulis dalam situ situ.

Label ini diambil menyusul banyaknya pengakses situs terkait yang sempat bingung dan mengira BKN telah resmi mengumumkan seleksi CPNS.

Panitia Seleksi (Pansel) CPNS 2014 telah mengumumkan jadwal resmi penerimaan CPNS 2014. Nantinya calon peserta dapat mengakses informasi lengkap lowongan CPNS 2014 mulai tanggal 20 Agustus 2014. Tanggal yang sama instansi terkait akan membuka pendaftaran.

Seperti yang pernah ditulis sebelumnya, sesuai surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), pendaftaran CPNS pendaftaran dilakukan secara online atau sistem single entry melalui portal Panselnas. “Semua istansi pemerintah dapat dilamar melalui sistem ini,” jelas Menteri PANRB Azwar Abubakar pada saat itu.

Walaupun pendaftaran hanya dua pekan, namun masyarakat tidak perlu repot mengurus kartu kuning, SKCK, dan surat keterangan sehat yang terkadang memakan waktu lama. Persyaratan administratif itu diperlukan ketika pelamar sudah dinyatakan diterima.

Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PAN RB Suwardi mengingatkan agar masyarakat dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum mendaftar sebagai CPNS.

“Mulai sekarang sudah menyicil scan-scan dokumen seperti ijazah dan lainnya. Pokoknya yang umum kalau melamar kerja. Jangan sudah mepet nanti malah tidak terkejar,” ujar Suwardi.

Sekedar mengingatkan sebelum melakukan pendaftaran CPNS secara online di situs Panselnas.menpan.go.id ada baiknya anda mempersiapkan diri dengan syarat yang dibutuhkan dan melakukan scan beberapa dokumen seperti dibawah ini


  1. Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Tahun dan nomor ijasah pendidikan terakhir.
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir.
  4. Berkas pasfoto digital warna berukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran sebesar 30 KB.
  5. Berkas fotokopi digital ijasah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB.
  6. Surat elektronik (email) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.
  7. Judul dan abstrak tugas akhir/tesis/disertasi
  8. Untuk pelamar lulusan dari luar-negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Dikti – Depdiknas, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijazah.

Kebenaran isian serta berkas digital yang diunggah akan dicek pada saat verifikasi fisik sebelum ujian tulis. Ketidaksesuaian data akan mengakibatkan peserta digugurkan dan tidak diperkenankan mengikuti ujian tulis. Dalam proses verifikasi, panitia tidak memiliki wewenang untuk melakukan perubahan pada isian Anda.

Tidak lupa juga anda harus memahami alur pendaftaran cpns 2014 online dan  Berikut alur pendaftaran CPNS 2014 secara online di panselnas.menpan.go.id
  1. Pendaftaran membuka situs resmi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di alamat http://panselnas.menpan.go.id. Lakukan pendaftaran dengan mengisi kolom NIK, Nama, Email, dan Pilihan Instansi yang Dilamar. Ini baru bisa dilakukan setelah pendaftaran dibuka yaitu 20 Agustus 2014.
  2. Setelah selesai melakukan pendaftaran, pelamar akan mendapatkan Username, Password dan Link (tautan) Pendaftaran Online Instansi yang Dilamar.
  3. Buka Link (tautan) Pendaftaran yang sudah diterima. Pelamar akan melihat tampilan pendaftaran CPNS di instansi yang dituju.
  4. Lakukan Login dengan memasukkan username dan password yang sudah diterima sebelumnya. Lengkapi pendaftaran, dan lengkapi dokumen. Kelengkapan dokumen seperti ijazah dan lainnya disampaikan dalam bentuk data dengan format pdf dan di-upload pada kolom dokumen yang sesuai.
  5. Setelah selesai melakukan pengisian dokumen, pelamar akan memperoleh kartu registrasi. Cetak kartu registrasi sebagai bukti telah mendaftar.
  6. Tunggu hasil verifikasi berkas pendaftaran oleh tim verifikator. Hasil verifikasi akan diumumkan dalam situs http://ssc.bkn.go.id atau situs resmi masing-masing lembaga.
  7. Lakukan Login untuk mengetahui hasil verifikasi. Bila lulus verifikasi administrasi, pelamar akan mendapat kartu peserta tes. Cetak Kartu Peserta Test sebagai bukti pelamar telah lulus saringan administrasi dan dapat mengikuti test seleksi CPNS.
  8. Bawa Kartu Peserta Test yang sudah di cetak saat mengikuti tes CAT di tempat yang ditunjuk oleh instansi yang dituju pelamar.

Adapun Agenda dan Kegiatan Penerimaan CPNS 2014 adalah sebagai berikut:


  1. Pendataan dan penyerahan usulan formasi dilakukan pada April – Mei 2014.
  2. Pembentukan panitia penerimaan CPNS 2014 di tiap-tiap institusi atau BKD dilakukan pada Mei – Juni 2014.
  3. Penyusunan soal ujian dilakukan mulai Mei 2014.
  4. Pengumuman Formasi Lowongan CPNS dilakukan pada 18-29 Agustus 2014.
  5. Pendaftaran CPNS 2014 dan seleksi berkas dilakukan mulai 20 Agustus – 3 September 2014.
  6. Penyusunan soal dilakukan mulai Juni 2014.
  7. Pelaksanaan ujian dan tes CPNS dimulai pada 8 September 2014 sampai selesai.
  8. Pengumuman peserta yang lulus menjadi CPNS tahun 2014 melalui website dilakukan pada November – Desember 2014.
  9. Penyerahan SK CPNS dilakukan pada Desember 2014 – Februari 2015.

Persiapkan diri anda baik baik agar anda bisa lolos menjadi abdi Negara lewat jalur tes cpns tahun ini, dan jangan lupa untuk terus memantau perkembangan dan informasi terbaru dan terkini CPNS 2014 di situs resmi yang beralamat di www.panselnas.menpan.go.id.

Sumber :  http://www.aktualpost.com/

Demikian Informasi & Pengumuman Terbaru Panselnas Tentang Pendaftaran CPNS 2014, semoga bermanfaat.

Keywords :  Informasi & Pengumuman Terbaru Panselnas Tentang Pendaftaran CPNS 2014, Informasi & Pengumuman Terbaru Pendaftaran CPNS 2014

No comments for "Informasi & Pengumuman Terbaru Pendaftaran CPNS 2014"