Kurikulum 2013 sebagai Kurikulum Nasional

Mendikbud Pastikan Pemerintah Pakai K-13

Mendikbud Pastikan Pemerintah Pakai K-13, Kurikulum 2013 sebagai Nasional, img
Kurikulum 2013 Diterapkan Nasional. Bila sebelumnya ada wacana kurikulum 2013 berganti nama menjadi kurikulum nasional, ternyata hal ini tidaklah benar. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) membantah hal tersebut, kurikulum 2013 tetap kurikulum 2013 hanya penerapannya saja yang akan diberlakukan secara nasional. Direncanakan mulai bulan Juli mendatang  kurikulum 2013 sudah dapat diimplementasikan diseluruh sekolah di tanah air. Pemerintah optimis K-13 dapat diterapkan secara nasional karena metodenya yang lebih sederhana dan ringkas. Berikut informasi lebih jelasnya terkait Mendikbud Pastikan Pemerintah Pakai K-13.

Kurikulum 2013 Diterapkan Nasional


Menteri Pendi‎dikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menegaskan, pemerintahan Jokowi-JK akan meneruskan hal-hal yang dipandang baik, salah satunya kurikulum tahun 2013 (K-13). Dia pun membantah akan mengganti nama K-13 menjadi kurikulum nasional.

"Jadi bukan ganti menteri, ganti kurikulum. Namanya tetap K-13, hanya saja penerapannya sebagai kurikulum nasional," tegas Anies, Minggu (20/3).

Dia menambahkan, K-13 telah melalui berbagai penyempurnaan yang fokusnya pada kualitas pembelajaran di sekolah.

Di sisi lain, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Totok Suprayitno mengungkapkan, perbaikan K-13 meliputi ‎peningkatkan koherensi, menyederhanakan proses penilaian (yang lalu terjadi kompleksitas penilaian), tidak ada pembatasan proses berpikir siswa, proses pembelajarannya langsung dan tak langsung.

"Jadi dalam K-13 sistem pembelajaran dan penilaiannya dibuat lebih sederhana. Kalau sebelumnya guru-guru mengeluhkan prosesnya pembelanjaran dan penilaiannya yang ribet kini tidak lagi," terang Totok.

Sumber :  http://www.jpnn.com

Demikian informasi terkini terkait Mendikbud Pastikan Pemerintah Pakai K-13, semoga bermanfaat.

Keyword :  Mendikbud Pastikan Pemerintah Pakai K-13, Kurikulum 2013 sebagai Nasional

No comments for "Kurikulum 2013 sebagai Kurikulum Nasional"