Kecerdasan Kognisi, Emosi dan Spiritual

--> -->

Pentingnya Kecerdasan Spiritual

Selamat bertemu dengan Kutipan Berita. Sebuah blog sederhana yang manyajikan informasi terkini. Pada kesempatan yang baik ini akan berbagi informasi seputar "Kecerdasan Kognisi, Emosi dan Spiritual". Selama ini orang hanya beranggapan kalau nilai IQ lah yang dianggapnya penting dan menjadi pengukur kecerdasan seseorang. Padahal tahukah anda jika Kecerdasan Spiritual pun tidak kalah pentingnya, sebagaimana artikel yang kami kutip berikut ini mengenai Pentingnya Kecerdasan Spiritual.


Kecerdasan Kognisi, Emosi dan Spiritual 



13567212371348111853


Sementara ini kita sudah banyak diperkenalkan adanya nilai IQ yang digunakan  sebagai standar pengukuran kecerdasan seseorang. Ternyata, lama kelamaan  penilaian dengan cara ini banyak kelemahannya.

Karena cakupan IQ hanya meliputi kecerdasan rasionil, matematika, dan logika saja, padahal terbukti masih banyak kecerdasan manusia lainnya, diluar yg rasionil dan logis. Bahkan Daniel Golemen berani mengatakan bahwa kontribusi IQ bagi keberhasilan seseorang hanya 20 % saja, dan yang 80 % ditentukan oleh apa yang tersimpan dalam dirinya.

EQ / Kecerdasan emosional adalah kemampuan pengendalian diri sendiri,semangat, dan ketekunan, serta kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustrasi, kesanggupan untuk mengendalikan dorongan hati dan emosi, tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan menjaga agar beban stress tidak melumpuhkan kemampuan berpikir, untuk membaca perasaan terdalam orang lain (empati) dan berdoa, untuk memelihara hubungan dengan sebaik-baiknya, kemampuan untuk menyelesaikan konflik, serta untuk memimpin diri dan lingkungan sekitarnya.

Pentingnya Kecerdasan Spiritual

Adalah Danah Zohar ( 2001 ) yang kemudian memperkenalkan adanya istilah Kecerdasan Spiritual. Kecerdasan inilah yang mengangkat fungsi jiwa manusia sebagai perangkat internal diri yang memiliki kemampuan dan kepekaan dalam menemukan makna dibalik masalah serta kenyataan yang dihadapi manusia. Kecerdasan ini lebih bernuansa pada pencerahan jiwa dalam kaitan penemuan jati diri sejatinya manusia.

Sehingga dapat dikatakan bahwa Kecerdasan Spiritual ( Spiritual Intelligence ) ini adalah merupakan dimensi tertinggi kecerdasan manusia yang berbasiskan intuisi, persepsi, dan kesadaran (awareness).

Mereka yang mempunyai kecerdasan spiritual tinggi akan mampu memaknai setiap peristiwa dan masalah yang dihadapi dalam hidupnya, bahkan dalam penderitaan sekalipun. Dengan memberi makna yang positif, mereka akan mampu membangkitkan jiwanya untuk bersikap dan bertindak secara positif pula. Dan kecerdasan ini juga memungkinkan manusia untuk berpikir secara kreatif, berwawasan jauh kedepan, intuitif, tambah cerdas dan semakin berkesadaran.

Oleh karenanya, bagi mereka yang telah menggunakan kecerdasan spiritualnya, mereka akan menjadi pribadi yang kreatif, intuitif, bisa menerima segalanya secara apa adanya, dan hidupnya akan berbahagia.

Tanda-tanda mereka yang berkecerdasan spiritual :

  • Kemampuan untuk bersikap fleksibel, luwes, adaptif.
  • Mempunyai kesadaran diri
  • Mampu menghadapi dan mengatasi penderitaan & rasa sakit.
  • Mempunyai wawasan, visi, nilai-nilai yang luas dan bagus.
  • Selalu memandang segala sesuatu secara menyeluruh dan saling berkaitan.
  • Mampu menghadapi dan memanfaatkan segala sesuatu dengan pemaknaan yang positif.
  • Berjiwa mandiri.
  • Berkemampuan secara produktif dan eksistensinya terakui.

Lantas, bagaimana caranya agar kita bisa meningkatkan kecerdasan spiritual itu?

Kita harus belajar tentang kesadaran diri kita sendiri. Temukanlah diri anda yang sejati, dan gali serta manfaatkan segala kemampuan dan kecerdasan yang dibekalkan Tuhan kepada kita manusia. Disitulah sebenarnya kecerdasan spiritual itu berada !

IQ (Kecerdasan Intelektual) tidak menjamin kesuksesan dan kebahagiaan hidup seseorang. Justru, EQ (Kecerdasan Emosional) dan SQ (Kecerdasan Spiritual) adalah hal yang sangat penting bagi tercapainya suatu kesuksesan dan kehidupan yang bahagia. EQ membuat orang paham apa yang dirasakan orang lain dan mendorong perilaku positif. Sedangkan SQ membuat orang bisa memaknai hidup dengan lebih bijaksana.

Disamping itu, kita harus banyak belajar tentang fleksibiltas menghadapi kehidupan, self awareness, kemampuan menghadapi sakit & penderitaan, meningkatkan wawasan kehidupan, dan selalu melihat segala sesuatu itu adalah saling berkaitan atau menyeluruh ( holistik ).

Sumber :  Kompasiana

Demikianlah Pentingnya Kecerdasan Spiritual jika dibandingkan dengan Kecerdasan Kognisi, dan Emosi.  Sebagai seorang muslim kedekatan kepada Allah SWT sangat mutlak diperlukan yang diaplikasikan dengan cara beribadah kepada-Nya, menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Tidak lupa untuk selalu bersyukur dengan segala nikmat yang ada, sabar dan tabah menjalani cobaan dan ujian, senantiasa menghiasi diri dengan sifat qonaah dan tawakkal. Semoga bermanfaat.

Keywords : Kecerdasan Kognisi, Emosi dan Spiritual, Pentingnya Kecerdasan Spiritual 

No comments for "Kecerdasan Kognisi, Emosi dan Spiritual"