Sering Bicara Bilingual Melatih Otak Lebih Efisien

--> -->

Selamat bertemu dengan kutipan berita. Sebuah blog sederhana yang menyajikan informasi terkini. Pada kesempatan yang baik ini akan berbagi informasi mengenai "Sering Bicara Bilingual Melatih Otak Lebih Efisien". Sebagaimana penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Sering Bicara Bilingual Ternyata dapat Melatih Otak Lebih Efisien. Berikut penjelasannya. 





Sering Bicara Bilingual Melatih Otak Lebih Efisien  




Lihai Dua Bahasa, Penggunaan Otak Lebih Efisien  
Otak



Berbicara dua bahasa sepanjang hidup ternyata banyak memberikan manfaat. Hasil pemindaian citra otak menunjukkan bahwa seseorang yang selalu berbicara dalam dua bahasa ternyata penggunaan otak mereka lebih efisien dibandingkan dengan penguna bahasa tunggal.

Temuan ini menambah bukti bahwa berbicara beberapa bahasa sejak usia muda dapat membantu menyangga otak dari potensi penurunan kerja otak karena penuaan. Semakin banyak penelitian dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan manfaat dari bilingualisme.

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang berbicara beberapa bahasa ternyata lebih baik dalam hal multi-tasking. Dengan belajar beralih antarbahasa, otak akan menjadi terampil mengambil kontrol atas tugas dan waktu tertentu ketika mendapati informasi yang tidak perlu. Ini semacam fleksibilitas kognitif yang penting dalam banyak bidang kehidupan dan cenderung akan menurun karena usia.


Sering Bicara Bilingual Melatih Otak Lebih Efisien  

Untuk mengetahui bagaimana bilingualisme bisa meningkatkan fungsi otak, Brian Gold, ahli syaraf di University of Kentucky, Lexington bersama rekannya, menempatkan 80 orang dalam sebuah mesin MRI. Di dalam mesin itu terlihat aliran oksigen dalam otak mereka saat melakukan tugas dasar penelitian. Responden dianjurkan untuk menekan tombol tertentu dalam menanggapi pertanyaan tentang bentuk benda atau warna.

Para ilmuwan menemukan bahwa orang tua yang berbicara dua bahasa dengan lancar terlihat lebih cepat merespons pertanyaan dibandingkan dengan responden lain yang hanya menguasai satu bahasa. "Bilingualisme tidak membuat Anda jadi seperti anak muda, tetapi membuat Anda lebih cepat berpikir dibandingkan dengan rekan-rekan yang hanya bicara satu bahasa," ujar Gold seperti dikutip Discovery News pada Selasa, 8 Januari 2013 lalu.

Sumber :  http://www.tempo.co

Demikian, semoga informasi terkait Sering Bicara Bilingual Melatih Otak Lebih Efisien, dapat bermanfaat.

Keyword :  Sering Bicara Bilingual Melatih Otak Lebih Efisien

No comments for "Sering Bicara Bilingual Melatih Otak Lebih Efisien"