UN, Haruskan Dihapus ?

Mendikbud: Jangan Pikirkan Soal Penghapusan UN tapi Pemanfaatannya


Mendikbud: Jangan Pikirkan Soal Penghapusan UN tapi Pemanfaatannya, UN, Haruskan Dihapus ?, img
Mendikbud: Jangan Pikirkan Soal Penghapusan UN tapi Pemanfaatannya. Selamat bertemu dengan "Kutipan Berita", sebuah blog sederhana yang menyajikan informasi terkini. Pada kesempatan ini "Kutipan Berita" kembali hadir dengan informasi terkini terkait kontroversi Ujian Nasional yaitu "UN, Haruskah Dihapus". Seperti kita ketahui beberapa pihak  menilai bahwa Ujian Nasional sebaiknya dihapus, sebaliknya ada juga yang menilai bahwa pelaksanaan ujian nasional juga diperlukan dan tidak perlu dihapus. Anies Baswedan selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan era kabinet kerja saat ini, menyatakan bahwa  Jangan Pikirkan Soal Penghapusan UN tapi Pemanfaatannya, karena akan berimplikasi kepada anak-anak. Berikut kami kutipkan secara lengkap pernyataan Mendikbud Anies Baswedan.





Mendikbud: Jangan Pikirkan Soal Penghapusan UN tapi Pemanfaatannya


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan, saat ini yang perlu dipikirkan bukan soal menghapuskan UN. Namun bagaimana  cara pelaksanaan UN dan pemanfaatanya, misalnya saja UN untuk pemetaan.
"Soal menghapus atau tidak UN jangan terus-menerus dibahas. Kasihan anak-anak, UN menjadi pembicaraan yang tidak terarah," kata Anies, di Jakarta, Kamis (27/11).
Intinya, ujar dia, UN saat ini sedang di-review. Kalau soal proporsi kelulusan sendiri, sebenarnya UN sudah bukan lagi menjadi penentu kelulusan.

Namun memang masih terdapat masalah yakni, proses belajar yang dilakukan selama ini di sekolah untuk menjawab ujian. Padahal harus dibedakan antara studying dan learning.

"Sebenarnya yang dibutuhkan anak-anak itu  learning. Tapi  yang terjadi sekarang ini adalah studying untuk menjawab pertanyaan ujian," katanya.

Ini, terang Anies, membuat anak-anak menjadi penguasaannya hanya pada low order thingking. Padahal bukan ini yang diharapkan, makanya harus diubah.
"Saya sedang  mereview UN. Selain itu juga meminta pendapat kepada beberapa orang yang melakukan evaluasi terhadap UN," ujarnya.

Perlu dicarikan solusi bukan hanya UN tapi evaluasi keseluruhan. Jangan sampai UN disamakan dengan  hasil belajar seorang siswa.

"Kami ingin mendorong peningkatan kualitas pendidikan, kualitas guru. Ini sangat penting," kata Anies

Sementara itu, seorang  Siswa SMP Swasta di Pamulang, Salsa meminta agar UN dihapuskan. "Sebaiknya tidak perlu ada UN sebab UN hanya membuat stres," katanya.
Lebih baik, ujar Salsa, UN untuk digunakan untuk mengukur kemampuan siswa saja namun tidak mempengaruhi kelulusan. "Teman-teman saya juga banyak yang mengeluhkan kalau UN bikin pusing," ujarnya.

Mereka juga meminta agar UN dihapuskan saja. Sekarang ini semua anak belajar hanya mengejar UN.

Sumber :  http://www.republika.co.id

Demikian informasi terkini terkait Jangan Pikirkan Soal Penghapusan UN tapi Pemanfaatannya, semoga bermanfaat.

Keywords :  Mendikbud: Jangan Pikirkan Soal Penghapusan UN tapi Pemanfaatannya, UN, Haruskan Dihapus ?

No comments for "UN, Haruskan Dihapus ?"