Tablet bisa berdampak buruk bagi perkembangan sosial anak

Tablet bisa berdampak buruk bagi perkembangan sosial anak

Tablet bisa berdampak buruk bagi perkembangan sosial anak, img
Tablet bisa berdampak buruk bagi perkembangan sosial anak. Penggunaan segala sesuatu secara berlebihan tentu tidaklah baik dan memberikan dampak negatif. Demikian juga penggunaan tablet bagi anak-anak. Tablet memberi manfaat positif bagi anak karena bisa membantu belajar anak apabila penggunaannya sesuai dengan kebutuhan, namun apa jadinya bila penggunaan tablet untuk anak-anak melebihi batas maksimal. Disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan untuk memantau dan mengatur jadwal bagi anak-anak mereka agar penggunaan tablet seperti iPad tidak berlebihan. Penelitian terbaru menemukan bahwa Tablet bisa berdampak buruk bagi perkembangan sosial anak. Itulah tema yang akan Kutipan Berita ketengahkan untuk pembaca yang budiman agar para orang tua bersikap lebih bijak dan selektif seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat dengan membatasi dan memberikan pengawasan yang ketat kepada anak sehingga perkembangan sosial anak tidak terganggu.






Tablet bisa berdampak buruk bagi perkembangan sosial anak



Tablet seperti iPad bisa membantu belajar, tapi juga bisa berdampak terhadap kemampuan sosial anak, kata peneliti.

Penggunaan komputer tablet atau ponsel pintar secara berlebihan bisa berpengaruh negatif terhadap kemampuan sosial dan kemampuan memecahkan masalah pada anak.

Para ahli di Universitas Boston, Amerika Serikat, dalam laporan penelitian yang dimuat di jurnal Pediatrics, mengatakan perangkat bergerak seperti tablet bisa dimanfaatkan untuk membantu proses belajar, tapi di sisi lain juga bisa berdampak buruk terhadap perkembangan sosial dan emosional anak.

"Jika perangkat ini sering dipakai untuk menenangkan anak, apakah anak tersebut pada akhirnya bisa belajar atau punya mekanisme untuk mengatur emosi?" kata Jenny Radesky, peneliti di fakultas kedokteran Universitas Boston.

"Penelitian menunjukkan bahwa menonton TV terlalu banyak berpengaruh negatif terhadap kemampuan sosial dan bahasa anak. Perangkat bergerak punya efek yang sama karena anak menjadi lebih sedikit untuk berinteraksi dengan orang lain," papar Radesky.

Para peneliti juga mempertanyakan apakah penggunakan tablet atau ponsel pintar secara berlebihan pada anak bisa berpengaruh terhadap perkembangan empati, kemampuan sosial, dan kemampuan memecahkan masalah, yang biasanya didapat oleh anak melalui eksplorasi, bermain, dan berinterasi dengan anak-anak lain.

Sumber :  http://www.bbc.co.uk

Demikian informasi terkini terkait Tablet bisa berdampak buruk bagi perkembangan sosial anak, semoga bermanfaat.

Keywords :  Tablet bisa berdampak buruk bagi perkembangan sosial anak

No comments for "Tablet bisa berdampak buruk bagi perkembangan sosial anak"