Berapa Lama Anak Boleh Menonton Televisi

Sebenarnya, Berapa Lama Anak Boleh Menonton Televisi?

Sebenarnya, Berapa Lama Anak Boleh Menonton Televisi?, img
Berapa Lama Anak Boleh Menonton Televisi. Selamat bertemu dengan Kutipan Berita, sebuah blog sederhana yang menyajikan informasi terkini. Pada kesempatan ini Kutipan Berita akan berbagi informasi mengenai "Berapa Lama Anak Boleh Menonton Televisi". Keberadaan televisi tidak dapat dijauhkan lagi dari keluarga dan pasti setiap rumah memilikinya. Televisi memberikan hiburan tersendiri bagi keluarga saat kumpul bersama. Namun bagaimana dampaknya bagi anak-anak apabila menonton televisi dalam waktu yang lama. Belum lagi acara yang disajikan televisi saat ini kebanyakan bukanlah acara yang pantas untuk ditonton anak-anak. Peran orang tua menjadi sangat penting, bukan hanya mengawasi namun juga menemani dan membatasi batas waktu anak dalam mengkonsumsi televisi, tentunya dengan memilihkan tayangan yang baik untuk anak sesuai dengan usianya. Sebenarnya, Berapa Lama Anak Boleh Menonton Televisi? berikut penjelasannya.




Sebenarnya, Berapa Lama Anak Boleh Menonton Televisi?


Di era modern seperti saat ini, penggunaan teknologi dan media sosial di kalangan anak-anak menjadi salah satu fokus dalam bimbingan orang tua dalam mendidik. Saat anak menyaksikan acara favoritnya tayang di layar televisi pun, baiknya Anda sebagai orang tua tak lepas untuk selalu mendampingi. Namun, sejauh apa anak diperbolehkan menonton televisi?

Akademi Pediatri Amerika merekomendasi anak-anak dan remaja secara umum untuk hanya menghabiskan waktu sekitar satu hingga dua jam sehari (tidak lebih) saatmenonton televisi, bermain komputer, atau video games. Untuk balita, disarankan untuk tidak menikmati tayangan melalui layar televisi atau komputer hingga usia mereka mencapai dua tahun.

"Namun kini ada pemikiran yang lebih fleksibel terkait media interaktif seperti Skype dan FaceTime," ujar Kirsten Cullen Sharma PsyD, asisten profesor klinis di bidang psikiatri anak dan remaja di NYU Langone's Child Study Center, Amerika Serikat.

Menurut Sharma, membatasi anak dalam menonton televisi atau menikmati tayangan melalui layar perangkat elektronik memberi berbagai manfaat bagi kesehatan anak. Para peneliti meyakinkan, anak akan memiliki kemampuan berbahasa yang lebih kuat, kesempatan untuk bersosialisasi, dan rendahnya risiko obesitas bila orang tua membatasi mereka menikmati tayangan melalui layar perangkat elektronik.

Faktanya, beberapa studi menunjukkan bahwa anak-anak akan cenderung menyantap makanan yang kurang bergizi dan sulit merasa kenyang apabila mereka makan sambil menonton televisi. Akibatnya, anak akan makan dengan porsi yang lebih besar. Pastinya, kondisi seperti ini akan berpotensi menyebabkan obesitas pada anak.

"Harus ada upaya penyeimbangan dan orang tua perlu memutuskan apa yang terbaik bagi anak mereka. Sebenarnya anak dan remaja dapat membangun keterampilan dengan menggunakan teknologi, namun orang tua harus mengambil keputusan, mengestimasi dan mengelola waktu menonton dengan baik, dan meyakinkan anak untuk tetap bersosialisasi," terang Sharma.

Sumber :  http://female.kompas.com

Demikian informasi terkini terkait Sebenarnya, Berapa Lama Anak Boleh Menonton Televisi?, semoga bermanfaat.

Keywords :  Sebenarnya, Berapa Lama Anak Boleh Menonton Televisi?

No comments for "Berapa Lama Anak Boleh Menonton Televisi"