UN CBT Akan Lebih Selektif

Evaluasi UN CBT Menurut Kemendikbud


Evaluasi UN CBT Menurut Kemendikbud, UN CBT Akan Lebih Selektif, img
UN CBT Akan Lebih Selektif. Selamat bertemu dengan Kutipan Berita, sebuah blog sederhana yang menyajikan informasi terkini.  Pada kesempatan ini akan berbagi informasi terkait "Evaluasi UN CBT Menurut Kemendikbud". Tahun ini, untuk kali pertamanya pemerintah dalam hal ini Kemendikbud menyelenggarakan UN berbasis komputer atau UN CBT. Lalu bagaimana hasil Evaluasi UN CBT Menurut Kemendikbud ?. Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam menuturkan bahwa persiapan UN CBT tahun depan akan dilaksanakan lebih awal. Kemendikbud akan lebih selektif  dalam memfasilitasi sekolah-sekolah peserta UN CBT yang betul-betul siap. Bukan hanya dilihat dari fasilitasnya yang telah sesuai standar melainkan kesiapan siswa juga sangat penting. Dikutip dari Republika, berikut informasi selanjutnya.


Evaluasi UN CBT Menurut Kemendikbud


Penyelenggaraan Ujian Nasional berbasis komputer (UN CBT) pada tahun ini dinilai cukup memberikan bahan evaluasi untuk tahun mendatang. Menurut Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam, pihaknya akan lebih selektif memfasilitasi sekolah-sekolah yang siap menyelenggarakan UN CBT untuk tahun depan. Persiapannya pun, tegas dia, akan dimulai pada Juni tahun ini atau setelah Kemendikbud mengumumkan hasil UN SMP 2015.

Nizam menuturkan, pihaknya akan segera mengirimkan surat edaran ke semua sekolah. Sehingga, lanjut dia, bagi sekolah-sekolah yang mau menyelenggarakan UN CBT untuk tahun depan dipersilakan untuk mendaftar ke Kemendikbud sejak bulan Juni 2015.

“Jadi bulan Juni, Juli, Agustus, itu kita akan melakukan pendataan. Diverifikasi, jika pihak sekolahnya siap, (Kemendikbud) mengadakan pelatihan-pelatihan, presentasi, dan terutama juga memastikan anak-anak di sekolah tersebut siap juga,” ucap Nizam, Kamis (7/5).

Untuk mengukur kesiapan murid-murid mengikuti UN CBT tahun depan, lanjut Nizam, pihaknya akan mengadakan uji coba try out di tiap sekolah yang telah menyatakan kesediaan. Ini agar dapat dipastikan, para murid benar-benar mampu dan nyaman melaksanakan UN CBT.

“Ya rencana kami, mungkin sekitar bulan Oktober, November, Desember, itu sudah mulai try out. Jadi nanti tahun depan, kita sudah ketemu kepastian, sekolah-sekolah yang akan ikut ujian berbasis komputer atau yang tidak jadi ikut,” jelas Nizam.

Dengan begitu, tidak sembarangan sekolah bisa menyelenggarakan UN CBT. Misalnya, ujar Nizam, sebuah sekolah sudah mendaftarkan kesiapannya terkait UN CBT pada Juni tahun ini ke Kemendikbud. Lantas, setelah diverifikasi, sekolah itu ditetapkan memiliki fasilitas yang memadai. Namun, semua itu akan gugur bila murid-murid sekolah tersebut masih kesulitan dalam menjalani try out UN CBT.

Demikian informasi terkini terkait Evaluasi UN CBT Menurut Kemendikbud, semoga bermanfaat.

Keyword :  Evaluasi UN CBT Menurut Kemendikbud, UN CBT Akan Lebih Selektif

No comments for "UN CBT Akan Lebih Selektif"