Tips Menghindari Bahaya Radiasi Smartphone

Tips Menghindari Bahaya Radiasi Smartphone

Tips Menghindari Bahaya Radiasi Smartphone, img
Tips Menghindari Bahaya Radiasi Smartphone. Selamat bertemu dengan Kutipan Berita, sebuah blog sederhana yang menyajikan informasi terkini. Pada kesempatan ini Kutipan Berita akan berbagi informasi mengenai "Tips Menghindari Bahaya Radiasi Smartphone". Penggunaan smartphone secara terus menerus setiap harinya dapat menimbulkan efek radiasi bagi sang pemakai. Seperti kita ketahui, efek dari radiasi tersebut bisa berakibat buruk yang dapat membahayakan kesehatan. Berbagai penelitian telah dilakukan terkait bahaya penyakit yang mengancam akibat radiasi dari smartphone. Lalu bagaimana cara kita menghindari bahaya radiasi smartphone tersebut, karena tidak mungkin bagi kebanyakan orang untuk tidak menggunakan smartphone, bahkan sebaliknya smartphone menjadi teman sehari-hari yang senantiasa menyertai setiap orang dalam beraktifitas. Berikut 10 Tips Menghindari Bahaya Radiasi Smartphone yang bisa bermanfaat untuk anda.


10 Tips Menghindari Bahaya Radiasi Smartphone


SAAT ini  smartphone  telah menjadi perangkat utama yang harus dipegang setiap waktu. Tidak aneh jika banyak orang selalu menggenggam  smartphone  dan tampak seperti tidak mau kehilangan.

Sayangnya, berlama-lama menggunakan atau menggenggam  smartphone  ternyata berbahaya. Bahaya tersebut muncul karena adanya radiasi dari perangkat tersebut. Seperti yang diketahui, radiasi merupakan sesuatu yang kurang baik bagi manusia.

Oleh karena itu, ada tips bagi Anda yang tidak bisa lepas dari  smartphone  untuk menghindari radiasi tersebut. Apa sajakah itu?

Berikut  tips agar terhindari dari radiasi  smartphone:

Tunggu hingga terdengar jawaban dari lawan bicara

Jika Anda menelepon seseorang,  jangan langsung mendekatkan  smartphone  ke telinga. Tunggulah sampai yang bersangkutan menjawab. Ketika ada jawaban, baru dekatkan  smartphone  pada telinga.

Hal ini untuk menghindari radiasi yang besar karena  smartphone  akan mengeluarkan lebih banyak radiasi saat sedang melakukan panggilan dibandingkan ketika berbicara.

Kurangi aktivitas menelepon

Sebaiknya Anda banyak melakukan kegiatan SMS atau berkirim pesan instan. Pasalnya, aktivitas menelepon yang banyak membuat telinga dan otak Anda lebih banyak terkena radiasi.

Tapi, Anda sebenarnya bisa mengakali hal ini dengan cara menggunakan  headset  untuk mengobrol.

Sebaiknya matikan smartphone saat Anda tidur

Ketika Anda sedang tidur, radiasi dari smartphone akan lebih mudah datang karena ketika tidur, perlindungan tubuh menurun. Karena itu, sangat disarankan jika Anda mematikan  smartphone.

Tapi, jika Anda ingin  smartphone  tetap dalam keadaan menyala, maka jauhkanlah  smartphone  dari tempat tidur Anda.

Jauhkan smartphone dari kepala Anda


Selain telinga, radiasi juga bisa memengaruhi bagian mata dan otak ketika sering digunakan atau posisinya dekat dengan kapala.

Karena itu, sebaiknya simpan  smartphone  di tempat yang agak jauh dari kepala, namun masih tetap terawasi.

Hindari menyimpan smartphone di saku celana

Banyak dari kita yang memiliki kebiasaan menyimpan  smartphone  di saku celana. Ternyata hal ini kurang baik karena bisa berpengaruh pada kesuburan Anda.

Untuk pasangan yang baru menikah, sebaiknya diusahakan untuk tidak menyimpan  smartphone  di saku celana.

Batasi penggunaan smartphone saat sedang hamil

Jika Anda seorang ibu hamil, maka Anda usahakanlah mengurangi aktivitas menggunakan  smartphone. Hal ini didasari pada kenyataan bahawa radiasi dari  smartphone  dapat merusak janin.

Tentunya, hal ini perlu diperhatikan oleh para ibu, terutama ibu muda yang baru mengalami kehamilan.

Belilah casing antiradiasi
 
Daripada menyimpan  smartphone  di saku celana, Anda bisa mengakalinya dengan membeli tas atau  casing  antiradiasi.

Casing  ini juga berguna sebagai pelindung agar  smartphone  tetap utuh dan tidak mudah tergores atau terkena debu.

Jangan mengantongi smartphone

Dalam suatu penelitian, ditemukan bahwa pria yang membawa  smartphone  di dalam saku celana cenderung memiliki jumlah sperma yang 25% lebih rendah dibandingkan dengan kelompok pria lain yang tidak menyimpan  smartphone  di saku celana.

Bagian lain dari tubuh menyerap radiasi pada intensitas yang berbeda, dan jaringan testikular kemungkinan juga lebih mudah diserang.

Jangan meletakkan smartphone di tempat tidur
 
Anda memang membutuhkan alarm pada  smartphone  untuk membantu Anda bangun pagi. Tetapi, jangan meletakkan  smartphone  di dekat posisi kepala Anda.

Medan elektromagnetik bisa mengurangi produksi melatonin pada tubuh, dan penyapu radikal bebas yang dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan DNA.

Seperti kita tahu, kerusakan DNA dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit lain.

Belilah smartphone yang memiliki radiasi rendah. 

Setiap telepon seluler memiliki tingkatan radiasi yang bervariasi. Untuk itu Anda perlu mencari informasi produk  smartphone  beradiasi rendah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, apapun model  smartphone-nya, selalu patuhi cara penggunaannya dengan benar. Produsen smartphone  selalu memberikan informasi mengenai cara menggunakan dan membawa  smartphone  agar konsumen bisa membatasi paparan radiasi.

Sumber :  http://teknologi.inilah.com

Demikian informasi mengenai Tips Menghindari Bahaya Radiasi Smartphone, semoga bermanfaat.

Keyword :  Tips Menghindari Bahaya Radiasi Smartphone



No comments for "Tips Menghindari Bahaya Radiasi Smartphone"